Rampok Rp18 Triliun dari Bank AS dan Negara Lain, Selebgram Nigeria Berkonspirasi dengan Peretas Korea Utara

- 21 Februari 2021, 17:00 WIB
Selebgram Ray Hushpuppi disebut melakukan konspirasi dengan peretas Korea Utara demi merampok uang Rp18 triliun dari bank Amerika Serikat (AS) dan negara lain.* /Instagram.com/@hushpuppi

PR CIREBON - Jaksa Federal Amerika Serikat (AS) menyampaikan, seorang bintang Instagram asal Nigeria berkonspirasi dengan peretas dari Korea Utara.

Kerjasama itu dilakukan untuk mencuri lebih dari 1,3 miliar dolar AS atau setara dengan Rp18 triliun dari perusahaan dan bank di Amerika Serikat (AS) serta negara lain.

Disebutkan Jaksa Federal AS, pelaku bernama Ramon Olorunwa Abbas yang kini berusia 37 tahun dikenal juga sebagai 'Ray Hushpuppi', dituduh telah membantu tiga peretas komputer Korea Utara.

Baca Juga: Kunjungi Pabrik Vaksin Pfizer di Michigan AS, Joe Biden Singgung Donald Trump

Menurut Departemen Kehakiman AS, mereka mencuri dana dari perusahaan dan bank, termasuk salah satunya di Malta, pada Februari 2019.

Asisten Jaksa Agung John Demers dari Divisi Keamanan Nasional Departemen Kehakiman, menyebut peretas dari Korea Utara tersebut adalah perampok bank terkemuka di dunia.

“Operator Korea Utara, menggunakan keyboard daripada senjata, mencuri dompet digital cryptocurrency alih-alih karung uang tunai, adalah perampok bank terkemuka di dunia,” katanya yang dilansir Cirebon.Pikiran-Rakyat.com dari New York Post.

Baca Juga: Laboratorium Wuhan yang Disebut Sebabkan Kebocoran Virus Corona Dilaporkan Dapat Dana dari AS hingga 2024

Abbas, yang memiliki 2,5 juta pengikut di akun Instagram, di mana dia biasanya mengunggah foto mobil mewahnya.

Halaman:

Editor: Asri Sulistyowati

Sumber: New York Post


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X