Partai Republik AS Terpecah, Berusaha Gagalkan Sidang Pemakzulan Donald Trump

- 27 Januari 2021, 07:30 WIB
Donald Trump/ /Instagram/@realdonaldtrump

PR CIREBON – Sebanyak 45 Anggota Senat Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik memberikan dukungan untuk menghentikan persidangan pemakzulan mantan Presiden Donald Trump.

Senator Republik, Rand Paul, membuat mosi di Senat yang akan meminta majelis untuk memberikan suara apakah persidangan Donald Trump yang akan datang melanggar Konstitusi AS.

Senat yang dipimpin Partai Demokrat memblokir mosi tersebut dalam pemungutan suara dengan perbedaan 55-45.

Baca Juga: Jelang Hari Valentine, Inilah 10 Rekomendasi Kado Sederhana Tapi Spesial untuk Pria

Tetapi, hanya lima anggota parlemen dari Partai Republik yang bergabung dengan Partai Demokrat untuk menolak langkah tersebut.

Angka itu lebih kecil dari 17 anggota Partai Republik yang dibutuhkan agar Trump bisa dinyatakan bersalah dalam kasus kerusuhan Capitol.

“Ini adalah salah satu kasus di mana kekalahan sebenarnya adalah kemenangan. 45 suara berarti sidang pemakzulan sudah dihentikan,” kata Paul, dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Reuters.

Baca Juga: Gagal Paham Informasi BLT Balita dan Ibu Hamil, Dinsos Kota Cirebon Tegaskan Hanya Penerima PKH

Namun, beberapa senator Partai Republik yang mendukung mosi Paul mengatakan pemungutan suara terhadap mosi tersebut tidak menunjukkan bagaimana mereka bisa menilai bersalah atau tidaknya Trump setelah persidangan dimulai pada 9 Februari.

Halaman:

Editor: Tita Salsabila

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X