Di Tengah Ketegangan Tiongkok dan Taiwan, Kapal Induk AS Memasuki Laut Tiongkok Selatan

- 25 Januari 2021, 09:47 WIB
Ilustrasi kapal laut/Pixabay/Anestiev /

PR CIREBON – Kelompok kapal induk Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh USS Theodore Roosevelt telah memasuki Laut Tiongkok Selatan untuk mempromosikan  apa yang mereka sebut sebagai kebebasan laut.

Tindakan itu dilakukan tepat saat ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan telah menimbulkan kekhawatiran di Washington.

Komando Indo-Pasifik AS melaporkan dalam sebuah pernyataan bahwa kelompok kapal tersebut memasuki Laut Tiongkok Selatan pada Sabtu, 23 Januari 2021.

Baca Juga: Madinah Dinobatkan Sebagai Kota Tersehat di Dunia, Musni Umar: Berita yang Menggembirakan

Hari itu merupakan hari yang sama saat Taiwan melaporkan serangan besar pesawat pengebom dan jet tempur Tiongkok ke zona identifikasi pertahanan udaranya di sekitar Kepulauan Pratas.

Militer AS mengatakan kelompok kapal induk berada di Laut Tiongkok Selatan dalam melakukan operasi rutin untuk memastikan kebebasan laut dan membangun kemitraan yang memupuk keamanan maritim.

"Setelah berlayar melalui perairan ini selama 30 tahun karir saya, sangat menyenangkan berada di Laut Tiongkok Selatan lagi, melakukan operasi rutin, mempromosikan kebebasan laut"

Baca Juga: Kasus Covid-19 Masih Tinggi, PSBB Transisi DKI Jakarta Diperpanjang

"Dan menyakinkan sekutu dan mitra," kata Laksamana Muda Doug Verissimo, komandan kelompok kapal, yang dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Reuters.

Halaman:

Editor: Egi Septiadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X