Madinah Dinobatkan Sebagai Kota Tersehat di Dunia, Musni Umar: Berita yang Menggembirakan

- 25 Januari 2021, 09:30 WIB
Musni Umar.* /Instagram/@musni_umar

PR CIREBON - Kota Madinah telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai kota tersehat di dunia.

Menanggapi kabar tersebut, rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengatakan bahwa itu berita yang menyenangkan bagi umat Islam, khususnya di Indonesia.
 
Musni Umar menjelaskan hal itu dikarenakan banyak masyarakat Indonesia yang melakukan kunjungan ke Madinah, dalam rangka menunaikan ibadah haji atau umrah.
 
Baca Juga: Kasus Covid-19 Masih Tinggi, PSBB Transisi DKI Jakarta Diperpanjang

"Madinah ini adalah kota suci umat Islam kedua setelah Makkah Al-Mukarramah. Tentu kita bergembira adanya pengakuan dari WHO, bahwa Madinah adalah kota tersehat di dunia," kata Musni Umar.

 
Sebagaimana dikutip Cirebon.Pikiran-Rakyat.com dari kanal Youtube Musni Umar pada Ahad, 24 Januari 2021.
 

Musni Umar menambahkan bahwa banyak yang bertanya-tanya kriteria apa saja yang membuat Madinah ditetapkan menjadi kota tersehat di dunia.

 
 
Kriteria pertama adalah mempertahankan kebersihan, yang mana harus selaras dengan dukungan, partisipasi, dan kolaborasi dari berbagai lapisan masyarakat.

Selain kebersihan tentu juga lingkungan. Lingkungan yang bersahabat, lingkungan yang saling menolong, lingkungan yang saling membantu antara yang satu dengan yang lain.

Musni Umar melanjutkan kriteria selanjutnya adalah iklim.

 
"Iklim di mana polusi ditekan sedemikian rupa sehingga tidak hanya kebersihan lingkungan tetapi juga kebersihan dari udaranya"
 
 
"Tentu banyak lagi persyaratan-persyaratan hingga kota suci Madinah ini dinobatkan oleh WHO sebagai kota tersehat," Musni Umar
 
Musni Umar mengucapkan selamat atas penobatan Madinah sebagai kota tersehat di dunia.
 
Selain itu, Musni Umar menyampaikan bagi kaum muslim tidak perlu merasa khawatir lagi akan kebersihan di Madinah ketika umrah atau haji.
 
 
"Kota Madinah yang berpenduduk sekitar 2 juta orang ini sudah mendapatkan penghargaan, mendapatkan predikat sebagai kota tersehat"
 
"Dengan demikian kita tidak perlu khawatir kalau umrah dan berada di kota suci Madinah untuk melaksanakan salat arbain, itu sangat terjamin," ucap Musni Umar.
 
Musni Umar mengungkapkan berita ini sebagai hal yang menggembirakan bagi masyarakat Islam.
 
 
Musni Umar menyatakan hal itu bisa terjadi lantaran adanya kolaborasi yang terjalin antara pimpinan universitas, lini pemerintah Arab Saudi, Gubernur Madinah, serta seluruh perangkat yang terlibat.
 
"Hingga WHO berkenan memberikan penghargaan sebagai kota tersehat di dunia. Semoga kita berkesempatan untuk melakukan perjalanan umrah atau haji di masa mendatang," kata Musni Umar.***

Editor: Egi Septiadi

Sumber: Youtube


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X