Pengobatan Herbal : Kirinyuh, Tanaman Obat Serbaguna dan Cara Mengolahnya (Bagian 2)

- 25 Agustus 2022, 19:13 WIB
H Jajang sedang menerapi pasiennya
H Jajang sedang menerapi pasiennya /Uyun Achadiat/

KESEMBUHAN Bu Guru, warga Margahayu Raya Kota Bandung dari gatal-gatal menahun dengan meminum air rebusan Daun Kirinyuh menjadi tanda tanya (Baca Juga: Pengobatan Herbal : Gatal-gatal Tahunan Sembuh oleh Kirinyuh (Bagian 1).

Ada kandungan apa sebenarnya yang terdapat dalam daun Kirunyuh dan bagaimana mengolahnya?

Terapis H Jajang yang memberi resep daun Kirinyuh menyebut bahwa tanaman yang selama ini dianggap gulma itu banyak sekali khasiatnya. “Untuk minuman kesehatan juga bisa,” tuturnya di sela memberikan terapi pijit pada pasennya.

 Baca Juga: Raisa : Make-up Bukan Sekadar Warna, Produk ataupun Keharusan, tapi...

Setiap pasien yang datang perlakuannya sama. Jari kaki pasien di tepuk-tepuk dengan menggunakan telapak tangan, mirip dikepret, selama 20 menit sampai 30 menit. Tergantung kondisi penyakit yang diderita pasien.

Setelah itu, diberi resep sesuai dengan penyakit yang menjadi keluhan pasien. Ada yang disuruh minum daun Kirinyuh, daun Antanan, Cecendet, Binahong, rebusan air daun singkong atau tanaman lainnya.

Baca Juga: Bekasi Hadirkan Pesantren Lansia

Namun hampir semuanya diminta mencari sendiri obatnya karena di tempat pengobatan tidak menyediakannya. Kecuali daun Antanan yang tersedia secara terbatas, yang biasa digunakan untuk pengobatan yang emergensi. Minum langsung setelah diterapi.

Tidak lupa, H Jajang juga memberikan cara-cara memasak, merebus atau mengolah obat herbal yang direkomendasikannya. Semuanya merupakan hasil riset pribadinya, yang menurut pengakuannya dilakukan lebih dari 10 tahun.

Halaman:

Editor: Uyun Achadiat

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah