Dokter Asal Inggris Ungkap Alasan Rajin Sikat Gigi Selama Dua Menit Bisa Bantu Terhindar Covid-19

- 17 Mei 2020, 04:15 WIB
ILUSTRASI sikat gigi.*

PIKIRAN RAKYAT – Seorang dokter gigi dari Universitas Bristol Inggris, Prof Martin Addy menyebutkan kebiasaan menyikat gigi selama dua menit sebelum ke luar rumah ternyata dapat membantu seseorang terhindar dari Covid-19.

Pasalnya, pasta gigi mengandung deterjen yang sama dengan hand sanitizer yang dapat berfungsi membunuh kuman juga bibit penyakit.

Baca Juga: Merupakan Masyarakat ASEAN, Amnesty International Desak Asia Tenggara Jaga Pengungsi Rohingya

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari situs The Sun, diperkuat dengan dapat bertindak sebagai pencegah kuman dan bakteri selama tiga hingga lima jam setelah digunakan.

“Kita semua telah diberitahu tentang pentingnya cuci tangan untuk menghentikan virus ketika menyentuh wajah. Sangat mengejutkan bahwa tidak ada yang menekankan pentingnya menjaga kebersihan mulut,” ungkap Addy, seperti dilansir The Sun, Senin 11 Mei 2020.

Selain itu, Prof Martin Addy juga menyarankan, masyarakat untuk menyikat gigi sebelum pergi berbelanja atau berolahraga.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Ribuan Burung Gagak Padati Jalanan AS hingga Lalu Lintas Lumpuh? Ini Faktanya

Sementara, para penghuni panti jompo disarankan untuk membersihkan gigi secara lebih teratur untuk memperoleh banyak manfaatnya.

Para staf National Health Service (NHS) juga harus menyikat gigi sebelum mengenakan alat pelindung (APD).

“Para ilmuwan yang percaya harus mengenakan masker wajah telah menekankan bagaimana Covid-19 disebarkan oleh tetesan air liur (droplet),” jelasnya.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: The Sun


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X