Panduan Lengkap Puasa Syawal, Keutamaan hingga Hikmahnya dalam Suasana Hari Raya Idul Fitri

- 14 Mei 2021, 06:49 WIB
Ilustrasi kurma// Simak bacaan niat dan panduan Puasa Syawal, puasa sunah yang dilaksanakan selama enam hari di bulan Syawal.*
Ilustrasi kurma// Simak bacaan niat dan panduan Puasa Syawal, puasa sunah yang dilaksanakan selama enam hari di bulan Syawal.* /Pexels/Naim Benjelloun

PR CIREBON — Puasa Syawal adalah puasa sunah yang sangat dianjurkan, dilaksanakan selama enam hari di awal bulan Syawal setelah Hari Raya Idul Fitri.

Pelaksanaan Puasa Syawal, sangat tidak dianjurkan pada tanggal 1 Syawal atau pas di Hari Raya Idul Fitri. Karena, di hari lebaran adalah hari perayaan kemenangan setelah satu bulan menjalankan puasa Ramadhan, dianjurkan untuk makan-makan yang enak.

Dikemukakan oleh sebagian ulama, bahwa menjalankan Puasa Syawal selama enam hari tidaklah musti harus secara berturut-turut dalam enam hari tersebut.

Baca Juga: Rayakan Hari Raya Idul Fitri dengan Cara yang Sehat! Simak Tips Berikut ini

Puasa Syawal banyak yang menilai lebih berat godaannya dibanding dengan puasa Ramadhan.

Sebab, bulan Syawal di Indonesia identik dengan budaya silaturahmi keluarga, halal bihalal, reunian, dan banyak perantau yang datang atau budaya mudik.

Makanya, bulan Syawal menjadi momentum untuk mengadakan acara kumpulan atau baninan.

Baca Juga: Ramalan Kartu Tarot Jumat 14 Mei 2021: Zodiak Aries Jangan Terburu-buru hingga Cancer Harus Memaafkan

Sudah barang tentu dalam suatu acara kumpulan disajikan beragam hidangan lezat yang tentunya bila kita datang sedang Puasa Syawal, godaan itu akan terasa teramat sangat.

Halaman:

Editor: Asri Sulistyowati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X