Hasil Penelitian Sebut 50 Persen Pasien Covid-19 Masih Alami Gejala hingga 6 Bulan

- 24 Februari 2021, 09:21 WIB
Ilustrasi gejala Covid-19. /Pexels/Andrea Piacquadio

PR CIREBON - Penelitian mengejutkan mengungkapkan bahwa 50 persen pasien Covid-19 masih memiliki gejala setelah 6 bulan kemudian.

Penelitian soal pasien Covid-19 akan memiliki gejala setelah 6 bulan kemudian itu dilakukan oleh sebuah studi baru yang diterbitkan oleh para peneliti Israel.

Penelitian, yang dijadwalkan akan diterbitkan bulan ini di Journal of Clinical Microbiology and Infection, mengevaluasi 103 orang berusia di atas 18 tahun yang menderita virus corona antara April dan Oktober 2020.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Elektabilitas Anies Baswedan Tinggi hingga Jokowi Dikritik Soal Banjir Jakarta

Orang-orang tersebut memiliki gejala ringan hingga sedang, yang berarti saat mereka sedang dalam pengobatan.

Ttidak asimtomatik, mereka tidak dirawat di rumah sakit karena kasus penyakit yang lebih parah. Peserta diwawancarai hingga empat kali selama penelitian.

“Sangat menakutkan bahwa setelah enam bulan, orang muda yang sehat dan merasa baik-baik saja sebelum virus corona masih memiliki gejala,” kata Dr. Sarah dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Jerussalem Post.

Baca Juga: Presiden Terseret Soal Banjir Jakarta, Ferdinand Hutahaean: Anies yang Tak Bekerja, Jokowi yang Disalahin

Pada enam bulan, 46 persen pasien memiliki setidaknya satu gejala yang belum terselesaikan, paling sering kelelahan (22 persen), perubahan bau dan rasa (15 persen) atau kesulitan bernapas (8 persen).

Studi tersebut menunjukkan bahwa 44 persen orang mengalami sakit kepala, 41% demam, 39% nyeri otot, dan 38% batuk kering sebagai gejala Covd-19 pertama mereka.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Jerussalem Post


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X