MIKTI Perkuat Industri Kreatif, Sejumlah Pihak Siap Kembangkan Bisnis Perusahaan Rintisan

- 31 Oktober 2020, 23:00 WIB
Ilustrasi konsep baru industri kreatif.
Ilustrasi konsep baru industri kreatif. /PIXABAY/Free-Photos/

PR CIREBON – Masyarakat Industri Kreatif (MIKTI) merupakan organisasi kerjasama pemerintah, yang didedikasikan untuk memperkuat industri kreatif dalam negeri, yang telah menyiapkan layanan untuk membantu para pengusaha dalam negeri, dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengelola bisnisnya.

Terdapat tiga jenjang yang dapat dipillih dan diikuti oleh seluruh para pendiri startup, antara lain Problem-Solution Fit , Product-Launch Fit, Product-Market Fit dan Problem-Solution Fit.

Ini diperuntukkan bagi startup pada tahap ide dan difokuskan untuk menyempurnakan ide tersebut dengan adanya validasi ide secara bertahap.

Baca Juga: Wali Kota Bogor Dorong Pembentukan Forum Ekonomi Kreatif untuk Mengembangkan dan Memajukan Kota

Product-Launch Fit untuk tahap pengembangan produk berdasarkan ide yang divalidasi diikuti oleh aktivasi pengguna awal, dan Product-Market Fit untuk startup yang memiliki produk yang dapat diakses oleh pengguna untuk fokus pada perbaikan produk dan model bisnis serta pelanggan, sebelum akhirnya memperluas pasar di tahap selanjutnya.

Menurut Koordinator Program MIKTI Start, Indra Purnama, dalam keterangan yang dilansir PikiranRakyat-Cirebon.com dari Antara, bahwa setiap startup memiliki tantangan yang berbeda-beda, baik karena faktor internal seperti komposisi tim dan karakteristik solusi yang dikembangkan maupun faktor eksternal seperti aspek pasar dan industri.

Oleh karena itu, para peserta yang secara serius mengikuti virtual inkubasi MIKTI Start juga berkesempatan untuk bertemu dengan sejumlah pihak yang dapat membantu mengembangkan bisnisnya lebih lanjut. Pihak-pihak ini termasuk angel investor, venture capital, korporasi, pemerintah, dan mitra strategis lain.

Baca Juga: Pernyataannya Terkait Sumbangsih Milenial Terhadap Negara Viral, Megawati: Saya Senang Saja

Pada setiap service level MIKTI Start terdapat materi pelatihan yang lengkap dan disajikan secara bertahap sesuai tahapan inovasi yang dirancang berdasarkan metodologi inovasi berstandar global yaitu Lean Startup, Design Thinking dan Agile Development, serta lembar kerja untuk membantu proses implementasi.

Peserta juga akan mendapat bantuan dari mentor berpengalaman di bidang wirausaha dan menguasai metode inovatif. Peserta dapat memilih seorang mentor berdasarkan kebutuhan mereka di setiap tahap termasuk kesesuaian mereka dengan industri atau jenis solusi yang akan dimulai.

Walau berjalan secara virtual dan fleksibel, peserta tetap akan mendapatkan pengalaman inkubasi yang berkualitas, karena MIKTI telah mengembangkan standar "kursus" yang matang untuk inkubasi offline dan online.

Baca Juga: Silakan Aksi Unjuk Rasa Mengecam Presiden Macron, Mahfud MD: Jangan Anarkis dan Melanggar Hukum

Setelah terdaftar, peserta dapat langsung menyelesaikan berbagai tahapan proses inovasi, memperoleh materi pelatihan, mengisi lembar kerja, dan berdiskusi dengan para tutor yang dilakukan seluruhnya melalui platform.

Layanan inkubasi virtual MIKTI Start gratis dan tidak ada batas waktu pendaftaran. Calon peserta hanya perlu melakukan registrasi dan aktivasi akun di web platform start.mikti.id untuk melengkapi data profil dan tim startup, tanpa harus melalui proses seleksi.***

Editor: Egi Septiadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x