INDICO Dorong Ketahanan Pangan Nasional Melalui Ekosistem Digital

- 11 Juni 2024, 21:00 WIB
Petani menggunakan pesawat nirawak (drone) dalam mengelola lahan pertanian mereka.
Petani menggunakan pesawat nirawak (drone) dalam mengelola lahan pertanian mereka. /ANTARA/HO-INDICO

SABACIREBON – INDICO, anak perusahaan Telkomsel, mengambil langkah penting dalam memperkuat ketahanan pangan nasional dengan membangun platform inovatif di sektor pertanian, Digital Food Ecosystem (DFE). CEO INDICO, Andi Kristianto, menyatakan pentingnya membangun ekosistem pangan yang solid untuk mengatasi tantangan di sektor pertanian.

Menyadari kebutuhan petani akan teknologi relevan, INDICO memfokuskan upayanya untuk menghadapi berbagai tantangan, seperti produktivitas rendah dan perubahan iklim. Melalui DFE, INDICO telah berhasil meningkatkan hasil pertanian, seperti yang terjadi di Selogiri, Jawa Tengah, di mana 200 ton gabah padi berhasil dipanen dari 40 hektar lahan sawah.

Andi mengungkapkan bahwa keberhasilan proyek pilot ini membantu petani meningkatkan kualitas produk dan nilai komersialnya. DFE juga mampu meningkatkan efisiensi biaya dan tenaga, memberikan dampak positif pada seluruh rantai pasokan pangan.

Guru Besar Agribisnis dari Universitas Padjadjaran, Tomy Perdana, mendukung pengembangan ekosistem digital pangan sebagai solusi efektif dan berkelanjutan bagi ketahanan pangan nasional. Menurutnya, dengan fokus pada pertanian kontrak, teknologi digital, dan simpul pangan, dapat meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi pangan secara berkelanjutan.

Meskipun penting, smart farming hanyalah langkah awal dalam menyelesaikan masalah sektor pertanian Indonesia. Melalui upaya bersama dan inovasi seperti DFE, diharapkan dapat menciptakan ketahanan pangan yang stabil dan berkelanjutan untuk Indonesia.***

Editor: Buddy Nugraha

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah