Daftar Bansos Mei 2024: Bantuan Sosial Berlanjut untuk Kesejahteraan Rakyat

- 18 Mei 2024, 22:34 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Bing/Image Creator

SABACIREBON – Pemerintah Indonesia kembali menyalurkan berbagai program bantuan sosial (bansos) selama Mei 2024 meliputi bantuan beras, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan program-program lain  yang bertujuan membantu masyarakat miskin dan rentan.

Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya memastikan bahwa bansos tepat sasaran dan diawasi dengan baik. Dalam sidang kabinet di Istana Negara pada Januari 2024, Jokowi menyatakan,

“Mengenai bansos perlu saya ingatkan harus diteruskan dan juga dipantau agar tepat sasaran, baik yang berupa bantuan bansos pangan, bantuan PKH, dan berupa BLT. Semuanya harus dipastikan tepat sasaran.”

Baca Juga: Indonesia Terus Fokus Wujudkan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan

Menteri Keuangan Sri Mulyani melaporkan bahwa hingga 31 Maret 2024, anggaran belanja bansos yang telah direalisasikan mencapai Rp43,31 triliun. Angka ini naik 20,7% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Belanja bansos yang mencapai Rp43,3 triliun itu mencatatkan kenaikan dari tahun lalu yang base-nya rendah, yaitu Rp35,9 triliun,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa di Gedung Kementerian Keuangan, Jumat (26/4/2024).

Bansos beras yang dilanjutkan hingga Desember 2024 diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat penerima manfaat.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Gubernur Jenderal Australia Bahas Penguatan Hubungan Antarmasyarakat

Bantuan ini disalurkan kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dalam dua tahap, yaitu Januari-Maret dan April-Juni 2024. Setiap bulan, setiap keluarga penerima manfaat akan mendapatkan 10 kg beras.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah