Subsidi Gaji Rp600 Ribu Dinilai Tak Efektif, Pengamat Sebut Percuma karena Pandemi Belum Usai

- 8 September 2020, 12:35 WIB
Bantuan Langsung Tunai berupa subsidi gaji kepada pegawai swasta dipastikan akan berlangsung hingga tahun 2021.
Bantuan Langsung Tunai berupa subsidi gaji kepada pegawai swasta dipastikan akan berlangsung hingga tahun 2021. /

PR CIREBON - Pengamat ekonomi Nailul Huda mengingatkan, program bantuan dari pemerintah seperti BLT hanya bisa efektif apabila masalah pandemi selesai.

Jika belum selesai, seberapa besarnya bantuan akan percuma atau sia-sia saja.

Masyarakat akan cenderung menahan diri untuk belanja sehingga permintaan akan melemah, lalu roda perekonomian nasional tidak jalan.

Baca Juga: Jumlah Testing Virus Corona di Daerah Belum Merata, Presiden Jokowi Beri Peringatan kepada Terawan

"Dengan kondisi penanganan Covid seperti saat ini, saya ragu apakah BLT akan efektif walaupun diperpanjang hingga akhir tahun depan sekalipun. Kecuali pemerintah benar-benar melakukan tugasnya dalam penanganan masalah kesehatan, khususnya pandemi," ujar Nailul di Jakarta, Senin, 7 September 2020 sebagaimana diberitakan Warta Ekonomi partner sindikasi konten Sindonews dalam artikel berjudul Subsidi Gaji Rp600 Disebut Percuma, Kerja Pemerintah Sia-sia?

Pemerintah baru saja memastikan akan melanjutkan kembali beberapa program Pemulihan ekonomi Nasional (PEN) di 2021 mendatang.

Salah satu program yang diteruskan di tahun depan adalah subsidi gaji atau bantuan langsung tunai (BLT) karyawan swasta.

Baca Juga: Kuburan untuk Jenazah Covid-19 di Jakarta Diklaim Penuh, Ini Kata Anies Baswedan

Sementara itu, Chief Economist TanamDuit Ferry Latuhihin lebih optimistis, pemulihan ekonomi Indonesia bisa membentuk pola V-Shaped atau lebih tajam.

Meskipun sepanjang Juli dan Agustus lalu tingkat permintaan melemah, namun ini disebabkan dana pemulihan ekonomi yang belum terdistribusi dengan baik.

"Saya rasa bulan ini pencairannya akan lancar dan V-shaped bisa terjadi. Saya berbeda dengan yang meramalkan pola pemulihan U-shaped," ujar Ferry.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Warta Ekonomi Sindonews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x