Presiden Jokowi Mudah Diakali Menkeu Buat Dewan Moneter, Rizal Ramli: Bu Sri Mau Super Kuasa Ya?

- 3 September 2020, 07:30 WIB
Ekonom senior Rizal Ramli mengaku sudah terkenal sejak usia 23 tahun.
Ekonom senior Rizal Ramli mengaku sudah terkenal sejak usia 23 tahun. /- Foto: Twitter @RamliRizal

PR CIREBON - Pakar ekonomi senior Rizal Ramli menyebut pembentukan lembaga baru Dewan Moneter yang diketuai oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani hanya sebagai wujud kesuksesan dalam mengakali Presiden Joko Widodo.

Sebagai informasi, Dewan Moneter masuk dalam usulan RUU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia (BI), dan dalam revisi kali ini akan ada banyak pasal yang dihapus dan juga ditambahkan.

Sedangkan, Tim Ahli Baleg mengatakan bahwa salah satu yang akan direvisi adalah pasal 9 yang akan dihapus dan ditambahkan menjadi pasal baru yakni 9a, 9b dan 9c. Tepatnya, rangkaian pasal 9 ini hanya akan berisi tentang anggota dewan moneter hingga tugasnya.

Baca Juga: Habib Rizieq Amati Indonesia, Imbau Seluruh Masyarakat Waspada Soal Angka Covid-19 Kian Tinggi

Atas sebab itu, Rizal Ramli menilai aturan ini akan membuat otoritas keuangan yang independen berada dalam satu komando, yaitu Bank Indonesia (BI), Oritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KKSK).

“Power Hungry (Kemaruk Kuasa), bukannya fokus utk keluar krisis. KKSK kuasa luar biasa via UU no2/2020, Menkeu terbalik ingin lebih kuasa lagi agar BI, OJK, LPS dibawah Menkeu via “Dewan Moneter”,” cuitnya dalam akun Teitternya, seperti dilihat Kamis, 03 September 2020.

Dengan berlakunya dewan moneter itu, ini akan membuat Menkeu Sri Mulyani akan menjadi super kuasa atas BI, OJK dan LPS.

Baca Juga: Kegagalan Anies Baswedan Dibongkar, DPRD: Dia Ganti Tim Bukti Hilang Akal akan Kondisi

Sementara itu, Rizal Ramli menilai pembasahan aturan ini di tengah pandemi semakin menampakkan pemerintah tak serius menangani Covid-19.

“Super-Kuasa, tidak fokus pada krisis. Pak @jokowi kok sebegitu mudahnya diakali ??” tandas Rizal Ramli dengan nada bertanya meremehkan.***

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x