Hanya Cetak 75 Juta Lembar, Uang Khusus HUT RI ke-75 Jadi Momen Syukur yang Direncanakan Sejak 2018

- 17 Agustus 2020, 21:00 WIB
Nominal Uang Kertas Baru Rp 75 ribu
Nominal Uang Kertas Baru Rp 75 ribu /PR//PR

PR CIREBON - Uang khusus dengan nominal Rp 75 ribu yang diluncurkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hari ini memang hanya dicetak dalam jumlah terbatas.

Tepatnya, uang kertas khusus itu hanya tersedia sebanyak 75 juta lembar saja, seperti yang dimaksud untuk menandai peringatan HUT RI ke-75, sekaligus melambangkan rasa syukur atas pencapaian Indonesia selama 75 tahun ini.

"Uang kertas pecahan Rp75.000 ini hanya dicetak dengan jumlah 75 juta lembar yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan sebagai wakil pemerintah dan Bank Indonesia," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual Peluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI di Jakarta pada Senin, 17 Agustus 2020.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Narasi Rakyat Kecewa dengan Presiden Jokowi Pakai Pakaian Kaisar Tiongkok

Lebih lanjut, Sri Mulyani menjelaskan perencanaan uang baru itu telah melalui koordinasi yang baik sejak 2018 lalu, antara Bank Indonesia (BI), Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Setneg, dan ahli waris pahlawan.

"Uang ini telah melalui berbagai perencanaan matang sejak 2018 lalu," terang Sri Mulyani, seperti dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Warta Ekonomi.

Tak lupa Menkeu menambahkan, momentum kemerdekaan 75 tahun harus dimanfaatkan untuk menumbuhkan rasa optimisme dan semangat dalam membangun cita-cita kemerdekaan.

Baca Juga: Indonesia Sudah Jadi 20 Negara Besar Dunia, SBY: Kita Harus Bersatu Hadapi Krisis Kembar Ini

Meskipun dalam perjalanannya, Indonesia akan selalu dihadapkan tantangan dan kendala, termasuk saat ini bangsa Indonesia harus menghadapi perang melawan pandemi Covid-19.

"Sekali lagi, saya sampaikan dalam perjalanan bangsa yang kuat bukan berarti lepas dari cobaan, tapi sikap dalam menghadapi cobaan dan tantangan. 75 tahun banyak tantangan akan dihadapi ke depannya. Ini merupakan simbol kebangkitan dan optimisme menghadapi tantangan saat ini," pungkas Sri Mulyani.***

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x