Wow..Kilang Balongan Indramayu Tercanggih di Indonesia Jadi Daya Tarik Akademisi

- 25 Mei 2023, 20:15 WIB
Kunjungan Industri Mahasiswa Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) Cepu di Kilang Pertamina Balongan Indramayu
Kunjungan Industri Mahasiswa Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) Cepu di Kilang Pertamina Balongan Indramayu /

 

SABACIREBON – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan (Pertamina Balongan) merupakan kilang tercanggih yang dimiliki oleh Pertamina dan Bangsa Indonesia.

Hal ini merujuk pada nilai Nelson Complexity Index (NCI) Kilang Unit VI Balongan, dimana tiap kilang Pertamina pasti memiliki Nelson Complexity Index (NCI).

Indeks ini menggambarkan kompleksitas kilang, semakin tinggi Nilai NCI, maka kilang tersebut menghasilkan lebih banyak produk berkualitas tinggi dan proses produksi lebih efisien.

 Baca Juga: Bupati Majalengka Khawatir Kesehatan Jemaah Haji Majalengka, Sampai Titip Pesan Ini untuk Medis dan Dokter

Nilai NCI terus berkembang seiring dengan pengembangan atau upgrading Kilang Pertamina. Saat ini NCI Kilang Pertamina Balongan adalah 11.9,  tertinggi diantara semua kilang Pertamina. Dari segi kapasitas, Kilang Balongan memiliki kapasitas sebesar 150 MBSD.

 Kilang Balongan merupakan kilang keenam dari total enam kilang yang dimiliki oleh Pertamina. Kilang ini memiliki fungsi untuk mengolah minyak mentah (crude oil) menjadi produk Bahan Bakar Minyak (BBM), non-BBM, dan petrokimia.

 Hasil produk dari kilang Balongan yaitu Pertalite Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Pertamina DEX, LPG, Propylene, Avtur serta produk specialty chemical untuk keperluan industri Gas Oil for Antifoam (GO Foam).

 Baca Juga: Hasil Undian Kualifikasi Piala Asia Telah Diumumkan, Berikut Ini 43 Nama-nama Negaranya

Halaman:

Editor: Uyun Achadiat

Sumber: Rilis


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x