Harga Minyak Dunia Turun, Inilah Harga Jual BBM Terbaru di Indonesia

- 5 Januari 2023, 17:51 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) menyampaikan keterangan pers terkait penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta, Selasa (3/1/2023). Erick Thohir mengumumkan harga Pertamax akan turun dari Rp13.900 per liter menjadi Rp12.800 per liter yang dilakukan seiring dengan penurunan harga minyak dunia dari level 87 dolar AS menjadi 79 dolar AS dan berlaku mulai Selasa (3/1/2023) pukul 14.00 WIB.
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) menyampaikan keterangan pers terkait penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta, Selasa (3/1/2023). Erick Thohir mengumumkan harga Pertamax akan turun dari Rp13.900 per liter menjadi Rp12.800 per liter yang dilakukan seiring dengan penurunan harga minyak dunia dari level 87 dolar AS menjadi 79 dolar AS dan berlaku mulai Selasa (3/1/2023) pukul 14.00 WIB. /Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp./

SABACIREBON  - Penurunan harga minyak di tingkat internasional menyebabkan pemerintaah di berbagai negara, termasuk Indonesia  menyesuaikan diri mengenai harga jual BBM di dalam negeri masing-masing.

Di Indonesia, BUMN Pertamina yang khusus menangani masalah BBM,  juga menyesuaikan diri tentang harga jual BBM mengikuti tren penurunan harga minyak internasional.

Seluruh SPBU di Indonesia terpantau menurunkan harga bahan bakar minyak yang mereka jual pada awal Januari 2023. Hal ini disinyalir sebagai imbas dari turunnya harga minyak dunia pada akhir Desember 2022 yang menyebabkan harga BBM juga mengalami penurunan.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo di Klub Arab Saudi Al Nassr Digaji Rp 2,9 T per Tahun, eh, Disorot Amnesti Internasional

Dikutip dari pikiran-rakyat.com, tak satupun dari SPBU tersebut mempertahankan harga BBM yang mereka jual sama seperti Desember 2022. PT Pertamina (Persero), SPBU Vivo, Shell, hingga BP AKR menurunkan harga BBM yang mereka jual.

Langkah penurunan pertama penurunan BBM di awal tahun 2023 ini dilakukan oleh Vivo kemudian BP AKR. Selanjutnya PT Pertamina(Persero) juga ikut mengikuti kebijakan ini, lalu diikuti lagi oleh Shell yang paling terakhir menurunkan harga BBM nya.

Lantas, melihat kebijakan seperti itu, siap yang menjual BBM paling murah. Berikut rangumannya tim Pikiran-Rakyat.com siapkan khusus untuk Anda:

Vivo

Vivo yang pertama kali merubah harga BBM pada awal tahun 2023. Perubahan harga dari BBM Vivo terjadi untuk jenis Revvo 90, Revvo 92, Revvo 95.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x