Pengamat Otomotif: BBM Boros Bukan Karena Kualitas Pertalite Berubah

- 11 Oktober 2022, 12:43 WIB
Ilustrasi sebuah SPBU yang menjual Pertalite oktan 90 yang dikatakan lebih boros
Ilustrasi sebuah SPBU yang menjual Pertalite oktan 90 yang dikatakan lebih boros /

SABACIREBON – Gonjang-anjing ruang public pascakenaikan BBM, masih terus berseliweran. Bahkan mengerucut kepada keluhan pascakenaikan harga pemakain jenis Pertalite  dinilainya menjadi lebih boros.

Kreatifitas publik pun bermunculan termasuk tayangan video di medsos yang menggambarkan pengukuran RON Pertalite seolah mutunya berbeda dengan yang diumumkan Pertamina.

Setelah uji coba mutu RON Pertalite kemudian Pertamina angkat bicara. Demikian juga para pakar maupun akademisi ikut menyampaikan pendapatnya.

Pengamat otomotif, Mukiat Sutikno menilai positif hasil uji mutu Pertalite oleh Pusat Penelitian dan Pengembang­an Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) atau Lemigas yang menunjukkan bahwa Pertalite telah me­menuhi standar dan mutu BBM jenis RON 90 yang dipasarkan di dalam negeri.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Setelah Tetapkan 6 Tersangka, 19 Anggota Polisi Ikut Diperiksa

Dengan hasil uji tersebut, menurut dia di Jakarta, masyarakat tidak perlu meragukan kualitas Pertalite sesuai standar mutunya, yakni kualitas RON 90.

Selain itu, dugaan sebagian kalangan bahwa Perta­lite menjadi lebih boros, juga tidak beralasan.

"Harusnya kalau tidak ada perubahan dari kualitas Pertalite, menurut saya tidak bo­ros bagi kendaraan," kata Mukiat dalam keterangannya, Minggu 9 Oktober 2022.

Penyebab BBM boros, tam­bahnya, tidak ada kaitan langsung dengan jenis BBM yang digunakan, terlebih jika sudah memenuhi standar mutu.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x