Pemerintah Terus Kembangkan Minyak Makan Merah, Solusi untuk Memperoleh Minyak Goreng Murah

- 18 Juli 2022, 15:25 WIB
Pemerintah terus kembangkan minyak merah, disebu sebagai alternatif bagi minyak goreng yang mahal./pikiran-rakyat.com
Pemerintah terus kembangkan minyak merah, disebu sebagai alternatif bagi minyak goreng yang mahal./pikiran-rakyat.com /

SABACIREBON-Pernah mendengar nama minyak makan merah? 

Minyak makan  merah disebut-sebut sebagai bakal pengganti minyak goreng. Minyak makan merah sedang masuk dapur research pemerintah dan bakal dikembangkan menjadi alternatif minyak goreng.

Saat ini, minyak makan  merah  terus digodok dan dioptimalisasi, karena diharapkan mampu membantu dapur para rumah dari mahalnya harga minyak goreng.

Baca Juga: Polresta Cirebon Tangkap Puluhan Anggota LSM yang Terlibat Keributan, Satu Orang Luka Bacok di Kepala

Minyak makan merah, adalah inovasi minyak sawit yang berpotensi digunakan sebagai pangan fungsional dalam membantu pencegahan stunting, atau kekerdilan dari masyarakat.

Kepala (Pusat Penelitian Kelapa Sawit) PPKS Edwin Lubis menjelaskan, minyak makan merah ini tidak hanya bisa berfungsi untuk menggoreng, tetapi bisa juga untuk suplemen untuk membantu masyarakat dari stunting.

Baca Juga: Sebanyak 405 Personel Disiagakan Menjaga Keamanan Sidang MSAT, Putera Pimpinan Ponpes Shiddiqiyyah

Minyak merah akan dapat digunakan masyarakat dalam keperluan keseharian dan di program sebagai minyak goreng murah, dibandingkan harga minyak yang banyak beredar saat ini.

"Harga jual ke pasarnya lebih murah, karena prosesnya lebih sederhana," kata Teten Masduki seusai mengikuti rapat terbatas yang membahas hilirisasi sawit di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Teten mengatakan proses pengolahan minyak makan merah berbeda dengan minyak goreng pada umumnya yang harus melalui proses bleaching. Minyak makan merah tanpa melalui proses bleaching sehingga kandungan protein dan vitamin A sangat tinggi.

Halaman:

Editor: Aria Zetra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x