Disepakati Empat Perjanjian Bilateral Indonesia-Swiss, Di Sela World Economic Forum

- 30 Mei 2022, 22:33 WIB
Pertemuan degelasi Indonesia dengan Swiss  di tengah kegiatan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss 24-26 Mei 2022.
Pertemuan degelasi Indonesia dengan Swiss di tengah kegiatan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss 24-26 Mei 2022. /Kemlu.go.id/

SABACIREBON - Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) yang berlangsung di Davos, Swiss 22-26 Mei 2022, menghasilkan beberapa perjanjian.

Mengutip keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern, ada empat perjanjian, yakni kerja sama investasi Bilateral Investment Treaty (BIT), Perjanjian antara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Economiesuisse, Perjanjian antara Kadin Indonesia dan Innosuisse, serta Perjanjian pendirian Indonesia Trading House (ITH) antara Kadin Indonesia dan Pasar Indonesia Versand, Swiss.

"Tahun ini WEF sedikit berbeda, selain karena dilakukan di musim panas untuk pertama kalinya, juga karena adanya perjanjian-perjanjian yang ditandatangani antara pihak Indonesia dan Swiss," ujar Dubes RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad.

Baca Juga: Bek Veteran Persib Bandung, Batal Pensiun Akhirnya Kembali ke Klub Lama

Menurut Muliaman, pemerintah Swiss menjadi tuan rumah kesepakatan tiga perjanjian, yakni BIT, Kadin dan Economiesuisse, dan perjanjian Kadin dan Innosuisse yang dilakukan di House of Switzerland, Selasa 24 Mei 2022.

Dari pihak Pemerintah Indonesia, penandatanganan BIT dilakukan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadia, disaksikan langsung oleh Guy Parmelan, Menteri Ekonomi, Pendidikan, dan Riset Swiss.

Sementara penjanjian antara Kadin dan Innosuisse dan perjanjian antara Kadin dan Economiesuisse disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI dan Dubes RI untuk Swiss dan Liechtenstein.

Baca Juga: 6 Sapi Diduga Tekena Virus PMK di Majalengka, Kini Statusnya Dinyatakan Negatif

Selanjutnya perjanjian pendirian Indonesia Trading House atau ITH resmi ditandangani di sela perhelatan WEF bertempat di Indonesia Pavilion, Rau 25 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Asep S. Bakrie

Sumber: kemlu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x