Gaikindo : Target Penjualan 900 ribu Unit, Diyakini Bisa Terlampaui

- 24 Mei 2022, 16:52 WIB
Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Rizwan Alamsjah saat memberikan sambutan dalam acara halal bihalal GIIAS 2022 di Senayan, Jakarta, Selasa (24 Mei 2022
Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Rizwan Alamsjah saat memberikan sambutan dalam acara halal bihalal GIIAS 2022 di Senayan, Jakarta, Selasa (24 Mei 2022 /

SABACIREBON-Industri otomotif di Indonesia akan semakin membaik menyusul mulai meningkatnya angka penjualan kendaraan.

Target penjualan Gaikindo pada 2022 itu  900 ribu unit. Tapi kalau lihat kondisi saat ini diyakini mungkin target akan terlampaui

 Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah mengatakan penjualan kendaraan roda empat periode Januari-April 2022 sebanyak 347 ribu kendaraan, meningkat dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yakni 266 ribu unit kendaraan.

Baca Juga: Mitsubishi Mampu Jual 10.003 Unit pada Bulan April 2022, Xpander Rajai Penjualan

Keyakinan Gaikindo terhadap masa depan cerah industri otomotif didasari beberapa faktor. Salah satunya adalah teratasinya pandemi COVID-19 di Indonesia telah menciptakan suasana yang semakin kondusif.

Kebijakan Pemerintah dalam memberikan pelonggaran untuk kegiatan aktivitas masyarakat, juga memicu pergerakan ekonomi dan kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 diprediksi dapat mencapai 5,17 persen. Hal tersebut diharapkan dapat memicu kenaikan permintaan pasar terhadap kendaraan yang pada akhirnya memberikan dampak positif pada industri otomotif serta industri pendukungnya.

Baca Juga: Nissan dan Mitsubishi Luncurkan Kendaraan Listrik Ringan untuk Jepang Seharga RP 200 Jutaan

"Ekspor juga sangat lancar dan diapresiasi pemerintah. Ekspor naik 28 persen dan pertumbuhan ekonomi sangat baik," kata Rizwan Selasa 24 Mei 2022.

Dia berharap kondisi yang semakin membaik ini dapat memberikan optimisme tinggi bagi para pelaku bisnis di Indonesia, termasuk industri otomotif.

Sebelumnya, Gaikindo mengumumkan penjualan mobil pada bulan Maret 2022 yang menembus rekor tertinggi dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Baca Juga: Pelat Nomor Kendaraan Berubah Menjadi Dasar Putih Tulisan Hitam, Mulai tahun Ini

Pada Maret 2022, penjualan wholesale mencapai angka 98.524 unit, sementara angka penjualan retail sepanjang bulan yang sama mencapai 89.811 unit.

 Angka penjualan wholesale dan retail tersebut telah mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia pada kondisi normal, sebelum pandemi.

Editor: Uyun Achadiat

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x