Akan Naik Tarif Listrik Bagi Pelanggan dengan Daya Mulai 3000 VA

- 20 Mei 2022, 22:22 WIB
Pemerintah akan menaikkan tarif dengan daya mulai 3000 VA./pikiran-rakyat.com
Pemerintah akan menaikkan tarif dengan daya mulai 3000 VA./pikiran-rakyat.com /

SABACIREBON-DPR menyetujui untuk menambah anggaran subsidi dan kompensasi energi sebesar Rp 350 triliun. Penambahan anggaran tersebut dilakukan dalam rangka mencegah kenaikan harga BBM, gas LPG 3 kilogram dan tarif listrik di tengah kenaikan harga energi global.

Kendati demikian pemerintah mengusulkan akan menaikkan tarif listrik bagi pelanggan PLN dengan daya mulai dari 3.000 VA ke atas. Skema berbagi beban ini dianggap bisa membantu agar tidak terlalu bergantung pada pemerintah.

"Buat masyarakat pelanggan PLN 3.000 VA ini akan di-adjustment tarif listriknya," kata dia," tegas Meneri Keuangan Sri Mulyani di DPR Jumat sore 20 Mei 2022.

Baca Juga: Tiger Woods Tegur Juru kamera Tiga Kali untuk Memberinya Ruang Bernapas

Mentri mengatakan itu, ketika pihaknya mengusulkan untuk menambah subsidi agar harga pertalite, solar, minyak tanah, gas melon ukuran 3 kg dan tarif listrik tidak dinaikkan.

Terkait besaran kenaikan  dan waktunya, Sri Mulyani menyerahkan kepada PLN dan Kementerian ESDM sebagai pelaksana. Dia menegaskan, kenaikan tarif listrik kelompok tertentu ini bukan berarti untuk menutupi defisit dari kelompok pelanggan yang tidak mengalami kenaikan tarif.

"Kita menambah alokasi subsidi buat PLN agar tarif listriknya bisa dicegah buat naik, bukan sebagai take over kelompok pelanggan yang tarifnya tidak naik," kata dia mengakhiri. 

Baca Juga: Rory Mcllroy Masih Pimpin Turnamen Golf PGA Tour 2022 dengan 5 Under Par-65

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan, Kementerian BUMN bersama Pertamina dan PLN akan fokus dalam menjaga ketersediaan energi dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” kata Erick melalui siaran pers, Jumat (20/5/2022).

Halaman:

Editor: Aria Zetra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x