India Minta Indonesia Segera Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng

- 5 Mei 2022, 12:42 WIB
India Minta Indonesia mencabut larangan ekspor minyak goreng yang membuat harga minyak goreng di India makin tidak terkendali./pikiran-rakyat.com
India Minta Indonesia mencabut larangan ekspor minyak goreng yang membuat harga minyak goreng di India makin tidak terkendali./pikiran-rakyat.com /

SABACIREBON - Keinginan Presiden Jokowi kepada industri minyak goreng untuk menjual minyak goreng Rp 14.000/lt masih jauh dari kenyataan.

Harga minyak goreng masih tinggi. Sampai hari ini, harga minyak masih anteng di patok di harga Rp 24.000-Rp 26.000/lt. Sedangkan minyak curah Rp 20.000/lt

Jika target Rp 14.000 belum tercapai besar kemungkinan, Instruksi Presiden untuk melarang ekspor bahan minyak goreng atau CPO, minyak goreng dan turunnya akan tetap berlaku. Dengan cara begitu, akumulasi minyak goreng di dalam negeri tetap banyak, dan tidak ada alasan bagi industri untuk menjual dengan harga tinggi.

Baca Juga: Personil Tertua BTS, Jin, Jadwal Wamilnya mulai Desember 2022, Apa Ada Alternatif Pengganti Wamil?

Presiden waktu mengeluarkan instruksi itu mengatakan, Larangan ekspor Crude Palm Oil (CPO) sebagaimana yang telah diumumkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) rupanya berimbas pada pasar dan perekonomian negara lain, salah satunya India.

Harga minyak nabati telah melonjak di India sejak Februari 2022 karena ketegangan geopolitik dan ditambah lagi belum lama ini larangan ekspor CPO oleh Indonesia.

Perusahaan sawit asal India, Adani Wilmar memprediksi bahwa harga minyak telah mencapai puncaknya dan akan membaik mulai bulan depan.

Baca Juga: Awas,! Hepatitis Akut mulai Serang Anak-anak. 12 Negara Catat 170 Kasus

Menurut mereka, pemerintah Indonesia tidak akan lama dalam memberlakukan larangan ekspor CPO dan bahan baku minyak goreng.

Halaman:

Editor: Aria Zetra

Sumber: pikiran-rakyat com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x