Buatkan Program Bansos Sembako, Presiden Jokowi Harap Warga Jabodetabek Tak Usah Mudik

- 10 April 2020, 07:00 WIB
Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (3/4/2020).*

PIKIRAN RAKYAT - Bantuan sosial tambahan berbentuk sembilan bahan pokok (sembako) senilai Rp 600 ribu per bulan akan disalurkan untuk masyarakat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Sedangkan, masyarakat di luar Jabodetabek akan mendapatkan bansos tunai. Ini sebagai stimulus untuk mengurangi tekanan sosial ekonomi dari pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam telekonferensi pers melalui video conference dari Istana Merdeka pada Kamis, 9 April 2020.

 Baca Juga: Terima Sumbangan Hampir Rp 200 Miliar, Yurianto: Masyarakat Dunia Serius Tangani Covid-19

Dalam keterangannya, Presiden menjabarkan kebijakan pemerintah pusat berupa bansos berbentuk sembako ini yang akan diberikan kepada 2,6 juta jiwa atau 1,2 juta Kepala Keluarga di DKI Jakarta selama tiga bulan.

Program ini memiliki total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 2,2 triliun.

“Dalam minggu ini pemerintah telah memutuskan beberapa kebijakan bansos yang baru, yaitu bantuan khusus bahan pokok sembako dari pemerintah pusat untuk masyarakat,” ujar Jokowi diberitakan Antara.

 Baca Juga: Cek Fakta: Serangan Virus Corona Masuk dari 19 Bandara di Indonesia, Tinjau Kebenarannya

Kemudian, wilayah sekitar Jakarta yang meliputi Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) juga akan mendapatkan bantuan sembako senilai Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan.

Pemberian bantuan pada 1,6 juta jiwa atau 576 ribu Kepala Keluarga ini akan memiliki total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 1 triliun.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X