Gelar Mega Talkshow Investasi, Direktur MBA ITB Subiakto Soekarno: Seratus Ribu Bisa Aktif Pasar Modal

- 8 Maret 2020, 15:47 WIB
ILUSTRASI bisnis
ILUSTRASI bisnis /Pexels


PIKIRAN RAKYAT - Jumlah investor pasar modal di Indonesia masih tergolong rendah hingga kini.

Hanya sejuta orang yang punya rekening pasar modal dari 265 juta penduduk Indonesia. Dalam arti lain, kurang dari sepersen total penduduk Indonesia.

Fakta itu membuat MBA Institut Teknologi Bandung (ITB) Subiakto Soekarno menggelar Mega Talkshow Investasi 2020 di Gedung Aula Barat ITB pada Sabtu, 7 Maret 2020.

Baca Juga: Pejabat Iran Terinfeksi Virus Corona hingga Meninggal Dunia, Pemerintah Berhentikan Kegiatan Perjalanan ke Luar Negeri

Dikutip Pikiranrakyat-Cirebon.com melalui situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat bahwa salah satu penyebab rendahnya investor lokal adalah rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap pasar modal.

Inilah yang menyebabkan MBA ITB menggelar Mega Talkshow Investasi 2020.

Dalam acara ini memiliki beberapa sesi di antaranya mulai dari cara mengetahui dan mendeteksi bandar serta saham gorengan, cara menganalisis saham secara fundamental, analisa value trap, serta sesi perjalanan investasi Lo Kheng Hong dari orang biasa menjadi investor retail terbesar di Indonesia.

Berdasarkan catatan Bursa Efek Indonesia (BEI), tingkat partisipasi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi di pasar modal tahun 2017 sekitar 0,2 persen.

Angka tersebut jauh di bawah Malaysia sebesar 12,8 persen, Tiongkok 13,7 persen, dan Singapura 30 persen.

Baca Juga: Buat Foto Menakjubkan, Berikut 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk iPhone

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Pemprov Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x