Kementerian Koperasi Gaet Putri Tanjung untuk Dongkrak UMKM Indonesia

- 19 Februari 2020, 21:12 WIB
PUTRI Tanjung.*
PUTRI Tanjung.* /AI RIKA RACHMAWATI/PR/

PIKIRAN RAKYAT- Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung mengadakan pertemuan dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dengan agenda pembahasan UMKM muda Indonesia agar makin berdaya dan berbicara.

Pertemuan ini diselenggarakan pada Selasa, 18 Februari 2020 kemarin, namun hingga kini strategi seperti apa yang digunakan untuk mewujudkan UMKM muda agar makin berdaya dan berbicara belum dikemukakan oleh pihak pemerintah secara gamblang.

Sebelumnya, pernah digelar pertemuan dengan staf khusus Presiden dalam rangka membahas pengembangan produk UMKM ke depan agar bisa memiliki daya saing di pasar global pada tahun 2019 lalu, setelah dibentuknya staff khusus Presiden.

Baca Juga: Tidak Cuma Lezat, Sate Keong di Cirebon Laku karena Diyakini Bisa Sembuhkan Beragam Penyakit

Dalam pertemuan itu, Kementerian Koperasi memberikan gambaran besar ke depan untuk bisa mendelivered program-program pemgembangan UMKM yang ada.

Di antaranya, memetakan usaha-usaha mikro baik yang ada di pedesaan maupun perkotaan. Begitu juga akan memetakan usaha kecil dan menengah yang memilki ekspor dan meminimalkan produk impor.

Permasalahan tahun 2019 lalu tentunya berbeda dengan tahun sekarang, maka dari itu strategi untuk pemgembangan UMKM bagi wirausaha muda juga perlu di upgrade.

Baca Juga: Penduduk akan Capai 60 Juta Jiwa pada 2045, Butuh Rencana Matang Siapkan Pangan

Namun dalam pertemuannya kali ini, pihak Kemenko terlihat lebih terbuka, pasalnya seperti yang dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dalam akun Intagram resmi milik @kemenkopukm, pihaknya membuka sebuah sesi tanya jawab untuk masukan mewujudkan program yang sedang dicanangkan bersama putri anak singkong ini, Putri Tanjung.

"SobatUKM gimana sih supaya UMKM Indonesia bisa semakin berdaya dan berbicara?," tulis akun Instagram resmi @kemenkopukm.

Dengan sistem yang dibuat begitu terbuka, beberapa warganet sangat tertarik untuk berdiskusi di kolok komentar Instagram Kemenkopukm itu.

Baca Juga: Tidak Cuma Lezat, Sate Keong di Cirebon Laku karena Diyakini Bisa Sembuhkan Beragam Penyakit

"Lebih banyak pembinaan bagi para pelaku UMKM muda pak menteri, pembinaan skill, management, pembinaan pemasaran dan rangsangan berupa bantuan yang tepat sasaran. jika bisa di masing kabupaten ada semacam lembaga pengembangan UMKM muda dibawah koordinasi kementerian," tulis akun @tamimbulie menanggapi pertanyaan pihak kemenkopukm tersebut.

Agar diskusi di kolom Instagram ini seperti dua arah, pihak kemenkepukm juga membalas setiap masukan dari pelaku usaha muda Indonesia, tanggapanya beragam dan tentunya isinya berupa informasi terkait untuk mewujudkan program itu.

Masukan datang tidak hanya dari @tamimbulie, pemilik akun Instagram @winefirmansyah menanggapi dari sudut pandang lain, yang berkaitan dengan hal yang digelutinya saat ini.

Baca Juga: Banjir yang Landa 13 Kecamatan di Cirebon Ternyata Akibat Klep Rusak

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x