Menkeu Sri Mulyani Sebut Kebijakan PPnBM Kendaraan Bermotor Mendukung Pemulihan Ekonomi

- 13 Februari 2021, 18:00 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. //Kemenkeu.go.id

PR CIREBON - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebut Pemerintah menyiapkan kebijakan insentif penurunan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) atau diskon pajak dalam momentum pemulihan ekonomi.

Kebijakan penurunan tarif PPnBM atau diskon pajak tersebut diberlakukan untuk kendaraan bermotor segmen ≤ 1.500 cc kategori sedan dan 4x2.

Keputusan PPnBM untuk kendaraan bermotor itu diambil setelah dilakukan koordinasi antarkementerian dan diputuskan dalam rapat kabinet terbatas.

Baca Juga: Mencuat Isu Buzzer dan Pengkritik Jokowi, Ferdinand: Sudah Ada Sejak 2014, Mengapa Baru Sekarang Ada Stigma?

Hal itu diungkapkan Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu, 13 Februari 2021.

Segmen tersebut dipilih karena merupakan segmen yang diminati kelompok masyarakat kelas menengah dan memiliki local purchase di atas 70%.

Menkeu Sri Mulyani menambahkan, diskon pajak dilakukan secara bertahap sampai dengan Desember 2021 agar memberikan dampak yang optimal.

Diskon pajak sebesar 100% dari tarif normal akan diberikan pada tiga bulan pertama, 50% dari tarif normal pada tiga bulan berikutnya, dan 25% dari tarif normal pada tahap ketiga untuk empat bulan.

Baca Juga: Kompolnas Nilai Polri Profesional Tangani Kasus Ustaz Maaher, Poengky: Pihak Lain Jangan Mengail di Air Keruh

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Info Publik


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X