Masuk Platform Digital 2021, Pemerintah targetkan 30 juta UMKM

- 13 Desember 2020, 22:15 WIB
Masuk Platform Digital 2021, Pemerintah targetkan 30 juta UMKM.*
Masuk Platform Digital 2021, Pemerintah targetkan 30 juta UMKM.* /Tangkapan layar Antara/


PR CIREBON - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan 30 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia memasuki platform digital di masa mendatang.

"Pada 2021, diharapkan 30 juta UMKM, dari total 60 juta unit UMKM masuk ekosistem digital," katanya, dilansir PikiranRakyat-Cirebon.com dari Antara News.

Menurutnya, baru ada sekitar 11 hingga 12 juta UMKM yang berjualan di platform digital saat ini sehingga masih banyak yang perlu didorong untuk masuk berjualan online di platform digital.

Baca Juga: Pengancam Dirinya Sudah Ditangkap dan Ditahan Polisi, Netizen Pertanyakan Perasaan Mahfud Md

"UMKM ini menjadi tulang punggung ekonomi kita," ujar Luhut.

Untuk mendukung UMKM di tengah pandemi virus corona, pemerintah setidaknya memiliki dua program, yang pertama melalui Undang-Undang Cipta Kerja yang dinilai berpihak kepada UMKM.

Menurut Luhut, lewat UU Cipta Kerja, UMKM mendapatkan kemudahan dalam mengurus perizinan, mendapatkan sertifikasi halal secara gratis, akses ke pemasaran dan mendapatkan alokasi dana khusus.

Baca Juga: Penampakan UFO Meningkat di AS, Warga Laporkan Lihat UFO Menari

Data Kemenko Maritim dan Investasi menyebutkan saat ini terdapat sekitar 3,2 juta UMKM yang ikut bergabung ke Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia sejak diluncurkan pada pertengahan tahun ini.

Program kedua adalah untuk mendukung UMKM adalah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang mengajak masyarakat untuk menggunakan produk lokal.

Untuk masing-masing kementerian dan lembaga juga memiliki program untuk mendukung UMKM selama pandemi Covid-19, Kementerian Koperasi dan UKM antara lain memberikan stimulus dana hibah berupa bantuan langsung tunai (BLT) produktif sebesar Rp2.400.000 untuk setiap pelaku usaha.***

Editor: Egi Septiadi

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x