Indonesia dan Meksiko Sepakat Jajaki Kerja Sama, Guna Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

- 13 Desember 2020, 21:52 WIB
Forum Konsultasi Bilateral (FKB) RI-Meksiko ke-7 yang diselenggarakan pada 8 Desember 2020 secara virtual.
Forum Konsultasi Bilateral (FKB) RI-Meksiko ke-7 yang diselenggarakan pada 8 Desember 2020 secara virtual. //Kemlu

PR CIREBON - Menyadari tantangan ekonomi akibat pandemi Covid-19, Indonesia dan Meksiko sepakat untuk menjajaki kerja sama di bidang kesehatan, ekonomi digital, pertanian, pariwisata dan sustainable green economy, serta menyusun Stock Taking List yang berisi kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan guna mempercepat penyelesaian perundingan sejumlah perjanjian yang masih berlangsung.

Kedua negara memandang penting kerja sama internasional untuk memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 yang dapat dijangkau (affordable and accessible) oleh semua masyarakat. Hal-hal tersebut mengemuka dalam pertemuan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) RI-Meksiko ke-7 yang diselenggarakan pada 8 Desember 2020 secara virtual.

Baca Juga: Jangan Saling Klaim Kemenangan Pilkada 2020, KPU Tegas: Hasil Resmi Tuntas 17 Desember 2020

Pertemuan juga membahas berbagai isu yang menjadi perhatian bersama, antara lain sepakat mendorong pertemuan atau dialog langsung antar instansi terkait kerja sama ekonomi dan perdagangan, pertanian, serta perikanan. Kedua pihak memandang penting pertemuan pejabat tingkat tinggi serta kerja sama antar Parlemen guna memperkokoh hubungan bilateral.

Dibahas pula peluang peningkatan people-to-people contact melalui kerja sama di bidang sosial dan budaya, utamanya bidang pengelolaan warisan budaya serta beasiswa seni budaya dan bahasa.

Baca Juga: Terkait Calling Visa Israel, DPR: Tinjau Ulang Jangan Sampai Indonesia Masuk Perangkap Normalisasi

Kedua pihak juga bertukar pandangan atas berbagai isu global dan regional, diantaranya perkembangan terakhir situasi di Asia Pasifik dan Kawasan Amerika, serta perkembangan terakhir pertemuan ASEAN dan Pacific Alliance.

 Dalam kesempatan itu, disampaikan harapan Indonesia atas dukungan Meksiko terhadap presidensi Indonesia di G20 pada tahun 2022, antara lain melalui kehadiran Presiden Meksiko dan dukungan terhadap program prioritas. 

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Kementerian Luar Negeri, FKB ke-7 RI-Meksiko dilaksanakan setelah 3 tahun tertunda akibat pemilu di Meksiko (2018) dan di Indonesia (2019). Indonesia bertindak sebagai tuan rumah, dengan Delegasi dipimpin oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI, Ngurah Swajaya, sedang Delegasi Meksiko dipimpin oleh Direktur Jenderal Asia dan Pasifik Kemlu Meksiko, Claudia Franco Hijuelos.

Baca Juga: Sebelum Ditahan, Habib Rizieq Shihab Sempat Dicecar 84 Pertanyaan oleh Penyidik

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: Kemenlu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x