Jelang Akhir Tahun, Ini 8 Tips Pembisnis Hadapi Hambatan Saat Pandemi Agar Lebih Baik di Tahun Depan

- 12 Desember 2020, 14:55 WIB
Jelang Akhir Tahun, Ini 8 Tips Pembisnis Hadapi Hambatan Saat Pandemi dan Lebih Baik di Tahun Depan, Ilustrasi bisnis makanan ringan.*
Jelang Akhir Tahun, Ini 8 Tips Pembisnis Hadapi Hambatan Saat Pandemi dan Lebih Baik di Tahun Depan, Ilustrasi bisnis makanan ringan.* /unsplash.com/Gabriel


PR CIREBON – Tahun 2020 adalah tahun yang sulit bagi semua orang, hampir semua sektor industri goyah karena resesi ekonomi di tengah pandemi virus Covid-19.

Namun, para pelaku usaha, terlebih usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus terus berjuang untuk melewati paruh terakhir tahun 2020 dengan harapan memulai tahun 2021 dengan lebih kuat lagi.

Dilansir PikiranRakyat-Cirebon.com dari Antara News, inilah delapan cara yang mudah diikuti sebagai pedoman UMKM untuk membantu menutup tahun 2020 dengan baik dan siap menorehkan prestasi baru tahun depan.

Baca Juga: Ada Wacana Amandemen UUD 1945, Apa Saja yang Direncanakan Akan Diubah?

1. Evaluasi tujuan bisnis tahun 2020 untuk mengidentifikasi kemenangan dan hambatan

Sebagai pebisnis kecil, melihat kembali kinerja perusahaan Anda sangat diperlukan. Tinjau kembali tujuan tahun ini, evaluasi kegiatan bisnis inti Anda, kemudian gunakan hasil evaluasi Anda untuk mengukur kinerja bisnis Anda tahun ini. Evaluasi bisnis yang komprehensif dapat menjadi dasar pemetaan peluang Anda untuk tahun depan.

2. Tinjau laporan keuangan dan jalankan laporan keuangan

Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas untuk meninjau status keuangan Anda. Selanjutnya, kembangkan laporan keuangan untuk menentukan apakah Anda berada di jalur yang benar untuk memenuhi tujuan laba dan kebutuhan arus kas Anda. Hal ini diperlukan jika Anda ingin melakukan penyesuaian pada rencana keuangan Anda di masa mendatang.

Baca Juga: Akhirnya HRS Penuhi Panggilan Polisi, Lima Orang Tersangka Lain Ditunggu Kehadirannya

3. Lakukan analisis kompetitif untuk mengukur posisi

Melakukan analisis kompetitif membutuhkan perencanaan, penelitian mendalam, dan introspeksi yang jujur. Dengan analisis menyeluruh, perencanaan strategis Anda untuk mengungguli pesaing Anda dapat membantu Anda untuk menargetkan dan menawarkan hasil yang lebih akurat.

4. Persiapkan rencana bisnis dan pemasaran untuk tahun 2021

Pelaku bisnis harus terus antusias dan terbuka untuk bereksperimen saat memasuki tahun 2021. Luangkan waktu untuk merencanakan bisnis tahun depan Anda dengan cermat, termasuk rencana pemasaran untuk meningkatkan citra merek dan kehadiran Anda di pasar.

Baca Juga: Pesawat Kiamat Milik Rusia Dibobol, Lusinan Orang Diinterogasi

5. Lakukan ulasan serta apresiasi kinerja karyawan akhir tahun

Tahun 2020 telah menjadi tahun yang sangat sulit bagi bisnis Anda, termasuk karyawan Anda, jadi sangat relevan untuk meninjau kinerja tenaga kerja Anda dalam beberapa kuartal terakhir. Ini akan membantu Anda lebih memahami kondisi karyawan Anda dan memberikan wawasan tentang langkah selanjutnya untuk bisnis Anda. Bagaimanapun, kritik apapun harus konstruktif. Juga, pertimbangkan untuk memberi staf Anda liburan atau bonus akhir tahun untuk meningkatkan semangat mereka.

6. Perbarui profil situs web dan media sosial

Apakah konten di situs web dan profil media sosial Anda sudah yang terbaru? Media sosial telah menjadi alat utama pemasaran real-time sejak krisis melanda awal tahun ini. Dedikasikan waktu Anda bulan ini untuk meningkatkan dan menambahkan konten, atau bahkan merombak kehadiran digital Anda saat diperlukan.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR Sebut Pendidikan Karakter Solusi Cegah Perundungan dan Kekerasan Terhadap Anak

7. Rancang program apresiasi pelanggan

Apresiasi dalam bentuk apapun itu penting. Bisnis di negara bagian ini harus terus menjangkau dan terhubung dengan pelanggan. Hal ini diperlukan agar tetap relevan di tengah persaingan yang ada. Anda dapat mengirim kartu ucapan atau email yang dipersonalisasi kepada pelanggan setia Anda untuk membangun reputasi merek Anda saat Anda merencanakan aktivitas bisnis Anda untuk tahun depan. Pelanggan yang senang adalah pelanggan setia dan mereka tidak akan ragu untuk memberikan testimoni positif secara gratis.

8. Buat daftar dan rayakan pencapaian tahun ini

Jika Anda bisa mencapai sejauh ini di tahun 2020, ada baiknya untuk merayakan semua pencapaian ini, baik kecil maupun besar. Semua bisnis harus merayakan pencapaian mereka sendiri, terutama setelah tahun yang penuh tantangan. Selain motivasi, merayakan pencapaian mencerminkan kekuatan bisnis dan tim Anda serta memberikan kepercayaan dan arahan untuk memimpin dalam rencana masa depan.***

Editor: Egi Septiadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x