Network

Jelang Akhir Tahun, Ini 8 Tips Pembisnis Hadapi Hambatan Saat Pandemi Agar Lebih Baik di Tahun Depan

- 12 Desember 2020, 14:55 WIB
Jelang Akhir Tahun, Ini 8 Tips Pembisnis Hadapi Hambatan Saat Pandemi dan Lebih Baik di Tahun Depan, Ilustrasi bisnis makanan ringan.* unsplash.com/Gabriel


PR CIREBON – Tahun 2020 adalah tahun yang sulit bagi semua orang, hampir semua sektor industri goyah karena resesi ekonomi di tengah pandemi virus Covid-19.

Namun, para pelaku usaha, terlebih usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus terus berjuang untuk melewati paruh terakhir tahun 2020 dengan harapan memulai tahun 2021 dengan lebih kuat lagi.

Dilansir PikiranRakyat-Cirebon.com dari Antara News, inilah delapan cara yang mudah diikuti sebagai pedoman UMKM untuk membantu menutup tahun 2020 dengan baik dan siap menorehkan prestasi baru tahun depan.

Baca Juga: Ada Wacana Amandemen UUD 1945, Apa Saja yang Direncanakan Akan Diubah?

1. Evaluasi tujuan bisnis tahun 2020 untuk mengidentifikasi kemenangan dan hambatan

Sebagai pebisnis kecil, melihat kembali kinerja perusahaan Anda sangat diperlukan. Tinjau kembali tujuan tahun ini, evaluasi kegiatan bisnis inti Anda, kemudian gunakan hasil evaluasi Anda untuk mengukur kinerja bisnis Anda tahun ini. Evaluasi bisnis yang komprehensif dapat menjadi dasar pemetaan peluang Anda untuk tahun depan.

2. Tinjau laporan keuangan dan jalankan laporan keuangan

Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas untuk meninjau status keuangan Anda. Selanjutnya, kembangkan laporan keuangan untuk menentukan apakah Anda berada di jalur yang benar untuk memenuhi tujuan laba dan kebutuhan arus kas Anda. Hal ini diperlukan jika Anda ingin melakukan penyesuaian pada rencana keuangan Anda di masa mendatang.

Baca Juga: Akhirnya HRS Penuhi Panggilan Polisi, Lima Orang Tersangka Lain Ditunggu Kehadirannya

3. Lakukan analisis kompetitif untuk mengukur posisi

Halaman:

Editor: Egi Septiadi

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X