10 Hoax dalam Video Wawancara Anji dengan Hadi Pranoto, dari Gelar Profesor hingga Obat Covid-19

- 5 Agustus 2020, 16:04 WIB
Hadi Pranoto soal temuan herbalnya.*/Dok. PMJ/YouTube Duniamanji
Hadi Pranoto soal temuan herbalnya.*/Dok. PMJ/YouTube Duniamanji /

PR CIREBON - Belum lama ini, unggahan video dari kanal Dunia Manji pada 31 Juli 2020 lalu berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia.
Pasalnya, video itu memperlihatkan Anji tengah mewawancarai seseorang bernama Hadi Pranoto yang mengaku sebagai Profesor dan Ahli mikrobiologi.

Meski saat ini, video itu telah dihapus oleh pihak Youtube, tetapi faktanya isi video sudah terlanjur tersebar ke berbagai media, termasuk Facebook milik Anji (Anji Manji).

Adapun berdasarkan isi wawancara itu, PikiranRakyat-Cirebon.com dari Turn Back Hoax telah merangkum beberapa klaim Hadi yang dinyatakan sebagai informasi bohong, terlihat sebagai berikut:

Baca Juga: IDI Merasa Terhina Disebut 'Kacung WHO' hingga Pastikan Jebloskan Jerinx SID

1. Mengaku bergelar Profesor dan Ketua Tim Riset Formula Antibodi Covid-19.

Berdasarkan penelusuran dari situs Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) ada nama Hadi Pranoto dengan gelar akademik doktor (Dr) lulusan S3 Institut Pertanian Bogor (IPB).

Hanya saja, foto Hadi Pranoto dalam situs Dikti tersebut berbeda dengan Hadi Pranoto yang tampil dalam kanal YouTube Dunia Manji.

Padahal dalam video itu nampak Anji mengonfirmasi mengenai latar belakang pendidikan S-3 dari IPB atas nama Hadi Pranoto di data Dikti, Hadi Pranoto membenarkan sebagai pendidikan terakhirnya tersebut.

Sedangkan, Kepala Biro Komunikasi IPB University Yatri Indah Kusumastuti menyatakan bantahan terkait klaim Hadi Pranoto lulusan S3 IPB.

Baca Juga: Angka Kematian Lampaui 700.000, Satu Orang Meninggal karena Covid-19 Setiap 15 Detik Sekali

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X