Hoaks atau Fakta: Beredar Ungkapan Rieke Diah Pitaloka ‘Memang Saya PKI Ada yang Salah?'

- 27 Juni 2020, 17:35 WIB
HOAKS - Beredar informasi yang memuat berita salah satu media daring Indonesia dengan judul “Rieke: Memang saya PKI, ada yang salah?".* /Hoax Crisis Centre Jawa Barat

PR CIREBON – Beredar di media sosial Facebook sebuah tangkapan layar yang menunjukan foto politisi sekaligus anggota DPR RI Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Rieke Diah Pitaloka.

Dalam tangkapan layar tersebut terlihat memuat berita salah satu media daring Indonesia dengan judul  “Rieke : Memang saya PKI, ada yang salah?”

Tangkapan layar tersebut diunggah oleh pemilik akun Facebook Armand Suhara atau @armando.suhara.5 pada Selasa 23 Juni 2020.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Drama Korea Penuh Kegelisahan dan Romansa Masa Kuliah

Namun setelah ditelusuri melalui mesin pencari, diketahui unggahan akun Facebook Armand Suhara adalah salah atau keliru.

PikiranRakyat-Cirebon.com mengutip unggahan keterangan akun Instagram Hoax Crisis Center Jawa Barat, ternyata tangkapan layar yang dibagikan akun Facebook Armand Suhara adalah hasil editan atau suntingan.

Judul asli artikel media terkait adalah “Pilgub Jabar, Rieke Diah: Saya Siap Maju Kalau Instruksi Partai” yang ditulis oleh Jurnalis Mukhlis Dinillah pada Jumat, 17 Maret 2017 lalu.

Baca Juga: Hoaks atau Fakta: Benarkah Masa Jabatan Presiden Ditetapkan Tanpa Harus Pemilu?

Foto Rieke yang dijadikan sampul dalam artikel itu, diketahui juga adalah karya Jurnalis media daring tersebut, Rengga Sancaya.

Dengan begitu unggahan akun Facebook Armand Suhara dalam kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Hoax Crisis Center Jabar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X