Hoaks atau Fakta: Benarkah Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid adalah Bos dan Otak Baru PKI?

- 25 Juni 2020, 16:30 WIB
HOAKS - Beredar informasi yang menyatakan bahwa Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid adalah bos PKI dan otak dari PKI baru.* //Hoax Crisis Centre Jawa Barat

PR CIREBON – Beredar di media sosial Facebook informasi yang menyatakan bahwa Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid adalah bos PKI dan otak dari PKI baru.

Akun Facebook Pak Jembud atau @pak.jembud membuat tulisan yang menyudutkan bahwa Dirjen Mendikbud merupakan bagian dari Partai komunis Indonesia (PKI).

Berikut narasi lengkapnya: “SAYA BERITAHU ANDA....INI boss PKI YANG SEBENARNYA SEKARANG NAMANYA HILMAR FARID DOSEN UI ...OTAK PKI BARU ! ANDA NGGAK TAHU KAN ?.”

Baca Juga: Isi Suara Karakter Kulit Hitam, Aktris Jenny Slate Mundur dari Serial Big Mouth

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, unggahan tersebut adalah salah atau keliru.

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari sitsus Hoax Crisis Center Jawa Barat, tidak ditemukan pemberitaan media daring yang mengatakan Dirjen Kebudayaan, Hilmar adalah bos PKI atau otak PKI baru.

Diketahui, PKI sendiri dilarang dalam Tap MPRS Nomor 25 Tahun 1966 bersamaan dengan larangan terhadap Komunisme, Leninisme dan Marxisme.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri menegaskan bahwa pemerintah juga berkomitmen penuh untuk menutup pintu terhadap komunisme di Indonesia.

Baca Juga: Tuai Kontroversi hingga Kecaman Banyak Kalangan, DPR Konfirmasikan Komitmen Stop RUU HIP

Payung hukum terhadap hal itu juga disebut oleh Jokowi sudah sangat kuat dan tidak ada keraguan terhadapnya. .

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Hoax Crisis Center Jabar


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X