Beda dengan Soeharto, Benarkah Foto Jokowi Jabat Tangan dengan Pihak Tiongkok Membungkukkan Badan?

- 4 Juni 2020, 06:55 WIB
Beredar foto jokowi berjabat tangan dengan membungkukan badan, sikap tersebut berbeda disaat kepemimpinan Soeharto. inromasinya keliru.* /Turn Back Hoax MAFINDO

PR CIREBON – Tengah beredar akun Facebook dengan nama Aprizal mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan Presiden ke-2 RI Soeharto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam gambar tersebut masing-masing terlihat sedang berjabat tangan orang Tiongkok. Presiden ke-2 RI Soeharto tampak menjabat tangannya dengan posisi tegak.

Sementara Jokowi menjabat tangan dengan membungkukkan badan ke grup Anies Baswedan For President 2024.

Baca Juga: Peduli Masyarakat Terdampak Covid-19, Jabar Bergerak Kabupaten Cirebon Bantu Warga di Tiga Kecamatan

Berdasarkan hasil penelusuran tim PikiranRakyat-Cirebon.com dari berbagai sumber, klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat tangan orang Tiongkok dengan membungkukkan badan adalah klaim yang salah..

Faktanya, gambar yang menunjukan pria berbaju putih bersalaman dengan Jokowi itu bukanlah WNA Tiongkok. Foto tersebut sudah ada sejak tahun2014, ketika Jokowi menjabat tangan Priyo Budi Santoso.

Baca Juga: Aksi Protes George Floyd Meledak hingga 40 Kota, Pakar Kesehatan AS Khawatirkan Klaster Baru Virus

Diketahui Priyo adalah Warga Negara Indonesia (WNI) kelahiran Trenggalek, Jawa Timur. Priyo kala itu menjabat sebagai Wakil Ketua DPR dan Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ditegaskan juga pada unggahan akun Instagrama Turnbackhoax, pada April 2014, foto tersebut sempat menjadi trending topik di media sosial twitter.

Faktanya, Jokowi dan Priyo berjabat tangan saat mereka bertemu di acara ulang tahun buruh di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X