Cek Fakta: Benarkah Satu Keluarga di Bekasi Terinfeksi Virus Corona Usai Salat Ied? Tinjau Faktanya

- 27 Mei 2020, 19:50 WIB
yang menyebut adanya satu keluarga asal Bekasi dinyatakan positif terinfeksi virus korona usai melaksanakan salat Idulfitri.*

PIKIRAN RAKYAT - Beredar narasi yang diunggah seorang pengguna Facebook baru-baru ini yang menyebut adanya satu keluarga asal Bekasi dinyatakan positif terinfeksi virus corona usai melaksanakan salat Idulfitri.
 
Dalam unggahan itu, pengguna Facebook mengklaim telah menemukan sebuah artikel yang dimuat dalam salah satu pemberitaan nasional dengan narasi demikian.

Baca Juga: Dokter Spesialis Penyakit Dalam Berikan Alasan Puasa Syawal Bagus untuk Sistem Pencernaan

Sehingga, pengguna Facebook itu pun menyatakan keheranannya karena masa inkubasi virus corona memerlukan waktu selama dua minggu.

Berikut narasi lengkap yang tersebar dalam media sosial:

"Kaget baca berita SATU KELUARGA KENA CORONA PULANG DARI SHOLAT IED. Cepat amat Bukannya perlu 2 minggu utk mengetahui covid19?," demikian bunyi narasi yang disebarkan dalam media sosial Facebook pada Rabu, 27 Mei 2020.

Baca Juga: Ahli dan Peneliti Kompak Ungkap Risiko Penularan Covid-19 Lewat Berbicara

Berdasarkan penelusuran PikiranRakyat-Cirebon.com yang dihimpun dari berbagai situs, berhasil menunjukkan fakta sebenarnya dari klaim narasi dalam media sosial tersebut.

Secara pasti, fakta menunjukkan mereka tertular bukan di tempat salat Id. Hal ini dijelaskan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Ia memaparkan bahwa mereka adalah satu keluarga yang tinggal di kota Bekasi, Jawa Barat. Diketahui mereka sempat melaksanakan salat Id di salah satu Masjid di Bekasi Barat.

 
Baca Juga: Luncurkan Gerakan Pernikahan Massal Vokasi dan Industri, Begini Penejelasan Kemendikbud
 
Adapun penularan virus corona di tengah keluarga itu berawal dari seorang Ibu berinisial B yang diketahui sehari sebelum salat Id sempat menjalani tes swab.

Namun, hasil dari Labkesda menunjukkan ia dinyatakan positif corona. Langsung saja, ibu berinisial B ini menjalani perawatan di RS Bella pada Sabtu, 23 Mei 2020

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X