Cek Fakta: Benarkah Pasien Positif Corona Berkeliaran Bebas di Jalanan Yogyakarta? Tinjau Faktanya

- 26 Mei 2020, 18:40 WIB
SEORANG prajurit berjaga di pos pemeriksaan saat operasi gabungan polisi dan tentara, sebagai bagian dari langkah keamanan untuk menjaga warga agar tidak masuk ke pusat kota saat karantina di seluruh negeri untuk membatasi penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di San Salvador, El Salvador, Rabu 29 April 2020.*

PIKIRAN RAKYAT - Beredar sebuah rekaman video dalam media sosial yang menyebut adanya pasien positif Corona kabur dari Rumah Sakit di Yogyakarta dan membuat panik masyarakat sekitar karena teriakkan petugas ber-APD lengkap.

Dalam unggahan itu, sebuah video berdurasi 35 detik memperlihatkan beberapa petugas menggunakan APD dengan tak jauh dari situ terdapat mobil ambulans berlambang Pemda DIY.

Baca Juga: Meski Cuti Lebaran Diundur, ASN Pemkab Cirebon Tidak Ada yang Bolos 

Lebih lanjut, para petugas itu berjalan di tengah kerumunan warga dan sesekali turun ke tengah jalan meneriakkan bahwa ada satu pasien positif Covid-19 yang kabur.

Untuk meyakinkan, pengguna Twitter itu menambahkan bahwa kejadian itu terjadi di Jalan Sorogenan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Berikut ini narasi lengkap yang beredar dalam media sosial tersebut:

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Capai Angka 22.000, Jawa Tengah Sedang Siapkan Penerapan New Normal

"Baru aja fren pasien covid-19 kabur dari rumah sakit. Ciri-ciri baju merah celana jeans. Lokasi jalan sorogenan. Wkwkwk rakalap tenan(mengkhawatirkan sekali)," demikian bunyi narasi yang diunggah pengguna media sosial @Edwinsatria pada 22 Mei 2020 pukul 16.35 WIB.

Berdasarkan penelusuran PikiranRakyat-Cirebon.com dari situs resmi Kominfo RI, terdapat pernyataan klarifikasi dari Kasatpol PP DIY yang bertanggungjawab meluruskan klaim narasi dalam media sosial tersebut.

Baca Juga: Di Tengah Penerapan PSBB Cirebon Tahap Dua, Polsek Lemahwungkuk Berhasil Ciduk Pelaku Curanmor

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X