Cek Fakta: Benarkah Foto Jenazah Tersenyum dari Salah Satu Laskar FPI Korban Penembakan ?

- 10 Desember 2020, 20:00 WIB
Iringan jenazah anggota FPI pengikut Rizieq Shihab yang akan dimakamkan di kompleks Markaz Syariah Megamendung Bogor. /Twitter/Akun @17agustus98

PR CIREBON - Akun All Mustafa mengunggah sebuah gambar tangkapan layar dengan narasi sebagai berikut:

"Terharu melihat wajah mujahid ini…” demikian klaim narasi yang beredar tersebut.

Dalam gambar yang beredar, memperlihatkan seorang pria yang tengah terbaring dengan pose sambil tersenyum itu, lengkap dengan narasi.

“Apa yang kau lihat saudaraku, sehingga senyummu begitu indah. Jika kau memang bersalah, tidak mungkin wajahmu begitu bahagia. (Kita pasti mati, dan apa yang kita kerjakan akan kita pertanggungjawabkan dihadapan Allah),”

Juga terdapat narasi “inilah salah satu jenazah para pahlawan pengawal HRS,mujahid FPI yg di bunuh oleh oknum BIADAP. kami sangat menantikan saat2 seperti kalian rasakan. wajahmu dan senyummu begitu indah sehingga membuat kami sehingga membuat kami haus menanti waktu seperti ALLAH berikan kepada kalian”

Baca Juga: Rizieq Shihab Jadi Tersangka, Musni Umar: Kerumunan Bukan Sebab Habib, Tanggung Jawab Panitia

Berdasarkan hasil penelusuran PikiranRakyat-Cirebon.com dari Turn Back Hoax, terdapat  foto salah satu anggota FPI yang tewas dengan wajah yang tetap tersenyum adalah klaim yang keliru.

Pasalnya pada faktanya, bukan foto salah satu jenazah anggota FPI pengawal HRS yang tewas. Pria yang tersenyum di foto tersebut saat ini masih hidup dan sudah memberikan klarifikasi melalui video.

Dilansir dari salah satu pemberitaan nasional, video klarifikasi ini salah satunya dibagikan akun facebook bernama Ustdz Brama Kumbara pada Rabu, 9 Desember 2020.

Dalam video itu, pria tersebut tak menyangka fotonya yang tengah berbaring dan tersenyum viral. Ia berdoa semoga dalam keadaan khusnul khatimah jika kelak benar-benar meninggal.

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X