Cek Fakta: Beredar Kabar Habib Rizieq dalam Kondisi Kritis hingga Beralasan Tak Terima Tamu

- 29 November 2020, 09:38 WIB
Habib Rizieq saat memberikan ceramah dalam sebuah kesempatan pada November 2020, sepulang dari pelarian di Makkah selama dua tahun lebih. /Tangkapan layar Youtube/Front TV

PR CIREBON - Sebuah unggahan gambar yang beredar dalam akun Facebook Utomo Mulyow Prayoga menampilkan tangkapan layar sebuah ambulan dan foto Rizieq Shihab yang sedang berbaring lemah. 

Bahkan, gambar tersebut juga menambahkan narasi bahwa Imam besar saat ini sedang dalam keadaan kritis karena terjangkit virus Corona, tangkapan layar tersebut diunggah pada Kamis, 26 November 2020.

Namun demikian, berdasarkan hasil penelusuran PikiranRakyat-Cirebon.com dari Turn Back Hoax,  foto ambulan dan Rizieq Shihab tersebut tidak ada kaitannya dengan kondisinya saat ini, foto ambulan tersebut.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Mengerti Hasil Tes Swab HRS Dirahasiakan: Butuh Mencatatkan Data, Tidak Disebarkan

Hoax berita Habib Rizieq
Hoax berita Habib Rizieq Turn Back Hoax Mafindo

Adapun jika merujuk salah satu pemberitaan nasional yang pernah beredar dengan judul “Pasien Positif Covid-19 Kabur dari Ambulans dan Berbaur dengan Massa Demo UU Cipta Kerja” yang tayang pada Rabu, 21 September 2020.

Sedangkan foto Rizieq Shihab yang sedang berbaring pernah beredar pada artikel milik pemberitaan nasional lainnya dengan judul “Habib Rizieq Dirawat di Rumah Sakit Ummi Bogor Sejak Selasa Siang” yang tayang pada, Selasa, 06 Desember 2016.

Melalui penelusuran lebih lanjut, Habib Rizieq Syihab saat ini memang sedang dirawat di Rumah Sakit (RS) UMMI Bogor. Direktur Utama RS UMMI Bogor Andi Tatat, mengatakan bahwa kondisi Habib Rizieq Shihab tidak mengarah keterjangkit virus Corona, melainkan lemas dan kecapekan.

Baca Juga: Pelibatan TNI Berantas Terorisme Tidak Cukup, Akademisi: Terlalu Berat, Harus Ada Pendekatan Lain

“Jadi beliau (Habib Rizieq) ke sini, dari hasil screening di tim kami alhamdulillah, tidak mengarah ke COVID,” kata Direktur Utama RS UMMI Bogor, Andi Tatat, di RS UMMI Bogor, Jalan Empang II No. 2, Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis 26 November 2020.

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X